Choose Your Language


English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Home » » Mengatasi Hasil Printer yang tidak sesuai / Sempurna

Mengatasi Hasil Printer yang tidak sesuai / Sempurna


Pada kesempatan ini saya akan berbagi sedikit pengalaman saya dengan printer saya yang apabila mengeprint warna yang keluar tidak sesuai / sempurna seperti warna aslinya seperti kasus yang saya alami ini yaitu warna kuning tidak keluar sedangkan warna hijau jadi biru dan yang parahnya lagi warna menjadi ungu semua
Oke sob saya gak mau banyak cerita kita langsung aja kesolusi pada pokok permasalahan ini
Cara Mengatasi Hasil Print Tidak Sempurna

Sebagian besar penyebab masalah diatas adalah berada pada catrid printer Anda. Berikut langkah - langkah untuk mengatasinya :

> Cek apakah catrid Anda sudah terisi tinta dengan cukup ( isi max -+ 4cc colour dan 8cc black). Bila terlalu banyak maka akan terjadi luber pada nozle dan hasil print tidak normal !
> Jika catrid sudah terisi cukup, tempel nozle/mulut semprot catrid pada tissu kering apabila tidak keluar tinta berarti tinta belum turun  namun bisa juga catrid buntu. Apabila ditempel di atas tissu kering tinta keluar, tapi saat ngeprint tidak keluar hasil print sama sekali berarti catrid Anda rusak (chip KO).
> Bila printer modif infus ada kemungkinan supplay tinta ke katrid kurang. (lakukan isi ulang suntik untuk sementara).
> Selain catrid, mekanik juga bisa menyebabkan hasil print tidak sempurna (buram n jarak print melebar/menyempit). Cek Encoder Scale yang bentuknya sperti plastik tipis dan bergaris rapi seperti skala pada penggaris. Letaknya dibelakang Carriage (t4 catrid/berbentuk pita) dan sebelah kanan printer yang bebentuk silinder/bulat. Cek dan pastikan tidak kotor terkena grease dan kedudukkannya tidak kendor.

      Apabila Catrid Anda rusak maka segera diganti saja. Jika buntu rendam catrid dengan air panas atau pembersih head (head cleaner) lalu tiup catrid dr lubang pengisian, lakukan berulang hingga normal. Bila Anda punya vaccum catrid, maka tidak perlu ditiup.

       Semoga bisa bermanfaat!!!!

Ditulis Oleh : Aufa Net ~ Pusat IT dan Pendidikan

Artikel Mengatasi Hasil Printer yang tidak sesuai / Sempurna ini diposting oleh Aufa Net pada hari Minggu, 05 Mei 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar dan jangan lupa saya tunggu Likenya di facebook kami dan Follownya juga tentunya

:: Get this widget ! ::

36 komentar:

  1. mas..
    pada saat saya print warna hitamnya berubah menjadi warna merah malah kadang warna ungu..
    ada solusinya gk mas.????

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Klo sperti itu biasanya komposisi tintanya kebanyakan mas, klo ungu berarti tinta merah dan biru terlalu banyak volumenya. atau coba mas cek tinta hitamnya ada ga' n pastikan setting penggunaan catrid pada pilihan black n colour (both, bukan auto detect atau colour only.
      selamat mencoba."
      untuk pengisian tinta bisa agan lihat postingan "trik mengisi tinta" pada blog ini. thx

      Hapus
    2. Mas saya mau ngeprint warna abu.abu tapi yg kluar malah warna hijau pudar. Petunjuk?

      Hapus
  2. Sore mas,mo nanya nih print Hpdeskjet 3740,kemaren abis saya isi warna merahnya,knapa ya begitu saya test warnanya jadi magenta/ungu?
    mohon solusinya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Nano
      ooh itu kemungkinan terjadi karena komposisi tinta birunya yang berlebihan, jadi timbullah warna ungu. Biasanya luber pada warna biru dan warna merah composisinya kurang.

      Kuras / kosongkan catrid merah kemudian isi lagi dan kurangi sedikit volum tinta birunya. Nah jika printer modif infus, hal ini sulit jika dilakukan sendiri.

      Bila catrid rusak, solusi diatas tidak berlaku!
      moga bermanfaat Pa'! thanks..

      Hapus
  3. catrid nya cuma satu kan ya? terus tintanya dicampur gitu ???

    BalasHapus
  4. postingan bagus gan thanks udah share. semoga penulisnya diberikan keselamatan dunia akhirat,,,, amin,,,
    :)

    BalasHapus
  5. mas mau nanya nih
    saya baru beli tinta original hp 46 warna nya yang biru berubah jadi warna hijau.

    penyebabnya apa ya mas dan gimana solusinya
    terima kasih :)

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. gan saya mau tannya .
    saya ngeprit huruf/angka dan apapun dengan warna hitam
    masalahnya di pinggir hurufnya/ angka kenapa ada warna kuningnya
    saya sudah melakukan deep cleaning tapi hasilnya tetep.
    solusinya gimana gan ??
    terima kasih.

    BalasHapus
  8. mas saya mau tanya klw saya print yang berwarna,semuanya jadi warna ungu itu gimana mas,mohon bantuannya ya ??
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu ada kemungkinan antara warna biru dan merah banjir mas atau jalur warna kuning buntu coba mas bersihkan catrid direndam atau pakek cairan pembersih hbis itu cek pakek tisu apa semua lancar

      Hapus
    2. Tp klo yg pakai inpus caranya gimana?? Mohon bantuannya

      Hapus
    3. Tp klo yg pakai inpus caranya gimana?? Mohon bantuannya

      Hapus
  9. Permisi mas saya mau nanya nih. Printer saya kan warna merahnya kagak keluar tuh. Saya pake printer infus. Itu kenapa ya? Padahal tintanya masih penuh. Di liat alirannya pun lancar-lancar aja kok. Tolong sarannya saya mesti gimana toh mas. Makasih

    BalasHapus
  10. minta soslusi mas. saya pemakai epson 1390. ketika memakai driver esc p standart 2 hasil cetak tidak berbayang. tapi dari warnanya pudar. tetapi pakek driver epson 1390 yang aslinya malah berbayang warnanya juga over. mohon bantuannya mas. system pakai windows 7 64 bit

    BalasHapus
  11. minta soslusi mas. saya pemakai epson 1390. ketika memakai driver esc p standart 2 hasil cetak tidak berbayang. tapi dari warnanya pudar. tetapi pakek driver epson 1390 yang aslinya malah berbayang warnanya juga over. mohon bantuannya mas. system pakai windows 7 64 bit

    BalasHapus
  12. mohon bantuannya om,
    ane baru pake nie epson 1390,
    waktu dicetak koq warna cyan (biru) gk bisa cerah ya,malah dominan gelap??
    mohon share solusinya om!!!

    BalasHapus
  13. Misi mas mau nanya,ketika test page yg warna hitam dan abu di sebelah kiri warna nya menjadi kehijauan ,mohon solusi gan

    BalasHapus
  14. Mas, kalau misalnya catridge yang saya gunakan hanya yg colour only, karna yang catridge black saya sudah rusak. Jd ketika saya ngeprint yang hitam, yg keluar malah warna hijau. Dan printer yg saya gunakan yg infus, jd yg harus saya lakukan apa? Mohon dibls, terimakasih sebelumnya mas

    BalasHapus
  15. Gan printer saya hp 2135, saya modif infus, untuk yang warnanya semua lancar" aja hanya saja yang merah, knpa tidak bisa merah mala jadi orenge ke merahan, solusinya gan gimna?

    BalasHapus
  16. Gan printer sy epson l12, dicetak keluarnya warna hitam jadi warana biru dan yang biru jadi warna hitam, solusinya gan gimana??!

    BalasHapus
  17. Gan printer sy epson l120, dicetak keluarnya warna hitam jadi warana biru dan yang biru jadi warna hitam, solusinya gan gimana??!

    BalasHapus
  18. Masukkan komentar Anda...mas saya mau tanya knapa print saya gambar nya berubah jadi ungu..penyebab awal nya kertas yg saya masukken robek dan saya tarik...print saya hp dj2132

    BalasHapus
  19. mas kalo hasil warna nya cuma muncul hijau gimana y padahal catridge nya udah saya cek pake tisu dan warna nya keluar sempurna

    BalasHapus
  20. mas kalo hasil warna nya cuma muncul hijau gimana y padahal catridge nya udah saya cek pake tisu dan warna nya keluar sempurna

    BalasHapus
  21. mas saya mau tanya printer saya Epson L360 setelah saya ganti tinta hasil, hasil printnya berubah menjadi warna pink dokumen aslinya waran biru

    BalasHapus
  22. Bg klo mengatasi hasil print tdk sempurna tetapi head catridge tidak buntu..gmna tu bg..tintanya gk mau keluar

    BalasHapus
  23. Misi mas mau nanya,ketika test page yg warna hitam dan abu di sebelah kiri warna nya menjadi kehijauan ,mohon solusi gan

    BalasHapus
  24. Mas, mau bertanya. Cartridge saya pas ngeprint warna hijau malah keluar warna kuning. Itu knpa ya ?

    BalasHapus
  25. Assalamu'alaikum. Mohon bantuannya, saya menggunakan printer canon mp287, ketika di pakai ngeprint berubah menjadi warna pink, gimana ya kak ? Terimakasih sebelumnya 😊

    BalasHapus
  26. Printer baru 1 hari dibeli, hasil cetakan kurang puas...gambar berwarna agak gelap menjadi hitam, apa penyebabnya? mohon solusinya

    BalasHapus
  27. Mas mau nnyk? Saya ngeprint huruf warna hijau yg keluar biru.. tetapi ketika saya ngeprint brosur dengan warna hijau yg keluar sesuai warna brosur

    BalasHapus
  28. Mas saya mau tanya saya kan ngeprint warna nya merah tapi kok hasil print ya jadinya warna coklat ya mas ,mohon bantuannya dong

    BalasHapus
  29. Mengatasi Hasil Printer Yang Tidak Sesuai / Sempurna >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Mengatasi Hasil Printer Yang Tidak Sesuai / Sempurna >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Mengatasi Hasil Printer Yang Tidak Sesuai / Sempurna >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK 4L

    BalasHapus
  30. Mengatasi Hasil Printer Yang Tidak Sesuai / Sempurna >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Mengatasi Hasil Printer Yang Tidak Sesuai / Sempurna >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Mengatasi Hasil Printer Yang Tidak Sesuai / Sempurna >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK NF

    BalasHapus